Inovasi Kalla Inti Karsa untuk Pengunjung, hingga Komunitas Selama Pandem

  • Whatsapp

Koma.co.id, Makassar– Kalla Inti Karsa salah satu unit bisnis Kalla Group dibidang Commercial Property seperti Mal, Leisure, Food & Beverage dan Office Building. Berdiri sejak 1995, Kalla Inti Karsa sendiri menaungi beberapa unit property antara lain Mal Ratu Indah dan NIPAH sebagai pusat perbelanjaan serta hiburan di kota Makassar. Kemudian Gastros dan SAO Eating Point dalam bidang food & beverage. Dan Wisma Kalla serta NIPAH Office Building dalam bidang gedung perkantoran.

“Dalam perjalanannya, Kalla Inti Karsa selalu berinovasi dengan menghadirkan berbagai property yang sesuai kebutuhan masyarakat kota Makassar dari segala segmen mulai dari anak muda kreatif dengan kehadiran Bikin-Bikin Creative Hub serta UMKM Hunt yang hadir untuk mewadahi UMKM terbaik di kota Makassar bekerjasama dengan beberapa partner. Kami juga menghadirkan Malku Marketplace untuk mewadahi tren masyarakat berbelanja online jauh sebelum pandemi. Alhamdulillah inovasi kita selalu diterima oleh masyarakat,” Ujar, Ricky Theodores, COO Kalla Inti Karsa dalam sesi COO Talks dan Media Visit, Selasa, 14 September 2021.

Selama pandemic Covid-19, Kalla Inti Karsa juga menerima dampak akibat kebijakan jaga jarak dan larangan berkumpul. Menyebabkan unit mall dan perkantoran harus beberapa kali ditutup. Hal itu tidak menyurutkan Kalla Inti Karsa untuk beradaptasi dan berinovasi dengan menghadirkan protocol kesehatan ketat agar ketika dibuka kembali, NIPAH dan MaRI tetap aman dan nyaman bagi pengunjung.

Sesuai dengan kebijakan Pemerintah kota Makassar terbaru, MaRI dan NIPAH kembali beroperasi dari pukul 10.00 pagi hingga 20.00 malam dengan beberapa persyaratan. Antara lain pengunjung di area mal diizinkan dengan kapasitas 50%. Kapasitas tenant food and beverages 25% untuk makan di tempat. Setiap meja makan dikhususkan untuk 2 orang pengunjung saja. Satu hal yang menjadi perhatian khusus, pengunjung yang diperbolehkan untuk mengakses area mal berusia 17-20 tahun, dan telah melakukan vaksin minimal dosis pertama.

Pengunjung juga wajib mengunduh aplikasi Peduli Lindungi. Setelah itu, pengunjung harus memasukkan data diri, dan memindai kode di setiap akses mall yang disediakan. Pengunjung akan mendapatkan tiga jenis informasi sesuai dengan status vaksin masing-masing. Status berwarna merah berarti belum divaksin, dan tidak dapat memasuki area mal, sedangkan warna kuning, dan hijau dapat mengakses dan memasuki area MaRI, NIPAH dan Wisma Kalla

“Kalla Inti Karsa berkomitmen untuk terus mendukung program pemerintah dalam menekan kasus Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat di area unit bisnisnya; wajib mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, pengukuran suhu tubuh pada seluruh akses dan pengunjung wajib mengenakan masker selama berada di area mal. Desinfeksi rutin juga telah konsisten diterapkan di seluruh area. Pelayanan parkir kini telah menggunakan sistem touchless sehingga lebih aman dan nyaman bagi pengunjung setia,” sambung, Ricky.

Bergerak, Berjarak, Bersama Komunitas

Kalla Inti Karsa melalui NIPAH dan MaRI memiliki visi menjadi ruang yang ramah bagi komunitas-komunitas di kota Makassar dalam berbagai bidang. Mulai dari Olahraga, Seni, Kreatif, Startup dan teknologi. Berbagai ruang dan aktifitas telah disediakan untuk memanjakan komunitas.

Sebagai bagian dari program ekplorasi konsep NIPAH yang merupakan pusat belanja pertama di Indonesia Timur yang mengedepankan prinsip ramah lingkungan yang di dominasi oleh ruang terbuka, Kalla Inti Karsa mengadirkan Treasure Hunt.

Treassure Hunt mengajak pengunjung NIPAH untuk menemukan sebuah pengalaman baru dalam menikmati suasana pusat belanja. Telah dilaksanakan 2 kali (Agustus 2020 dan Juni 2021) dengan peserta yang lebih beragam, mulai dari komunitas olahraga, komunitas sepeda, teman tuli hingga peserta yang sengaja datang dari luar daerah.

Kemudian Busy Hands Week dan Festival Keluarga bagi yang mengajak keluarga dan anak-anak untuk beraktfitas positif selama di Rooftop Garden & Taman NIPAH seperti berkebun, melukis dan mewarnai serta menanamkan edukasi membaca sejak dini kepada anak.

Kegiatan Sunset jazz Ramadan secara berkala juga dilaksanakan di Rooftop Garden NIPAH pada bulan Ramadan. Kemudian Rock In Celebes sebuah festival tahunan yang untuk pertama kalinya di laksanakan secara hybrid di NIPAH dan merupakan live concert pertama dengan protokol kesehatan ketat.

Oy Sapeda! adalah program sepeda masuk mal pertama di Indonesia. NIPAH menjadi satu satunya lokasi tujuan pesepeda yang ingin gowes di dalam area mal. Program ini direspon pula dengan berbagai kegiatan sepeda rutin dan sepeda statis pada gelaran event di atrium NIPAH.

“Kami sangat bangga menerima penghargaan ini. Penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi NIPAH untuk terus aktif dalam memberikan ruang bagi siapa saja yang ingin memanfaatkan ruang terbuka. NIPAH berkomitmen untuk tak hanya menjadi pusat perbelanjaan, namun juga pusat dari seluruh kegiatan olahraga di Kota Makassar,” Sambung, Ricky.

Kegiatan lain yang tidak kalah menarik seperti UMKM HUNT, Mallku Live Shopping, hingga tenant-tenant baru di NIPAH dan MaRI.(rls)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *