Koma.co.id, Makassar– Jelang penutupan tahun 2024, Makassar Culinary Night (MCN) kembali digelar. Festival kuliner terbesar di Makassar kali ini akan berlangsung selama tiga hari dari 1 hingga 3 November 2024 mendatang di Monumen Mandala Makassar.
Mengangkat tema Pesta Rakyat Honda Makassar Culinary Night, MCN kali ini akan menghadirkan sekitar 86 tenant makanan maupun minuman untuk memanjakan lidah pengunjung.
Founder Makassar Culinary Night, Mistrianie Andi Muin menjelaskan bahwa pemilihan lokasi baru pelaksanaan MCN yakni Monumen Mandala akan memberi pengalaman dan nuansa baru bagi pengunjung setia MCN. Identitas MCN yang selalu identik dengan Landmark Kota Makassar semakin meyakinkan tim untuk memanfaatkan landmark-landmark lain seperti Monumen Mandala untuk menjadi lokasi pelaksanaan event kuliner.
“Membuat event di monumen mandala menjadi challenge tersendiri buat saya dan tim, akan tetapi menjadi kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati suasana baru sambil kuliner di salah satu tempat bersejarah yang ada di makassar,” ujar Mistri.
Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Mohammad Roem mengatakan bahwa MCN menjadi salah satu kegiatan yang bisa memberi kontribusi nyata terhadap pertumbuhan ekonomi di Makassar melalui event kuliner.
Makassar Culinary Night akan menghadirkan 86 tenant makanan dan minuman yang merupakan hasil kurasi ketat dari total 387 pendaftar yang masuk. Tenant-tenant tersebut merupakan tenant terpilih yang akan menyajikan kuliner terbaik mereka untuk pengunjung yang datang selama tiga hari pelaksanaan event ini.
Marketing Communication Astra Motor Sulsel, Moh. Arif Reda, menjelaskan bahwa bergabungnya Honda menjadi Sponsor dalam event kuliner Makassar Culinary Night merupakan bentuk dukungan terhadap salah satu daya tarik Kota Makassar sebagai kota dengan kuliner yang enak di Indonesia.
“Program Honda Jagoan Kuliner sendiri merupakan spirit Honda dalam mendukung UMKM di kota Makassar khususnya di bidang kuliner untuk terus mengembangkan usahanya. Honda bersama Makassar Culinary Night memiliki misi yang sama yaitu bersinergi dalam membuat kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.
Untuk memudahkan pengunjung MCN dalam bertransaksi, pihak MCN 2024 telah bekerjasama dengan Bank BPD Sulselbar yang menghadirkan layanan scan QRIS bagi pengunjung MCN yang ingin menikmati berbagai menu jajanan tanpa repot membawa uang tunai.
Mendukung terciptanya kota yang ramah lingkungan, MCN kali ini juga berkolaborasi dengan RECO Indonesia yang merupakan salah satu perusahaan pengelolaan limbah untuk mendukung kampanye less plastik yang sudah ada sejak 2019 setiap kali pelaksanaan event ini.
Partisipasi RECO pada pelaksanaan MCN kali Ini berwujud dengan adanya sejumlah tempat sampah organik dan non organik di sejumlah titik-titik strategis untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, RECO Indonesia juga akan membantu untuk melakukan pemilahan dan pengelolaan sampah plastik selama event berlangsung.
Menariknya, pengunjung MCN yang datang bersama keluarga serta membawa anak kali Ini menyediakan area playground bagi anak-anak serta sejumlah activity class seperti Poundfit untuk orang dewasa dan kegiatan merangkai bunga, melukis dan yoga bagi anak-anak yang sayang untuk dilewatkan.
Gelaran Makassar Cullinary Night selama dua hari diharapkan mendapat respon positif oleh masyarakat, sehingga kami menargetkan capaian transaksi hingga 1,5 Milyar rupiah dengan jumlah pengunjung mencapai 40.000 orang.(rls)