PKM Unismuh Lakukan Pendampingan Guru SMPN 4 Maros

  • Whatsapp

Koma.co.id, Makassar– Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah dalam bentuk pelatihan dan pendampingan guru dalam meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah penelitian tindak kelas (PTK) digelar di SMP Negeri 4, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros.

“Kegiatan PKM ini dilaksanakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M) Unismuh Makassar bekerja sama dg SMPN 4 Bantimurung,” kata Ketua Pelaksana Dr. Hj. Sumiati, S.Ag. disela kegiatan tersebut di Maros, Sabtu.

Dia mengatakan, kegiatan ini adalah bagian dari uapaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru SMP untuk membuat karya ilmiah ataupun jurnal yang juga menjadi salah satu syarat untuk kenaikan pangkat/golongan.

Pada kesempatan itu, Pengurus (Indonesia Research Method Lecturer Association (IRMLA) atau Asosiasi Dosen Metodologi Riset Indonesia wilayah Sulawesi Selatan Hurriah Ali Hasan, ST. ME. PhD yang menjadi pemateri mengatakan, membuat karya ilmiah dapat dilakukan dengan penelitian sederhana di kelas tempat mengajar seorang guru.

Karena itu, lanjut dia, terlebih dahulu harus memahami persoalan yang akan diangkat menjadi tema sentral dari penelitian. Selanjutnya, menyusun instrumen pendukung dari penelitian itu.

Selanjutnya melakukan ekperimen atau menerapkan metode penelitian yang dipilih untuk selanjutnya mendapatkan hasil atau respon dari objek atau subjek penelitian.

Puluhan guru SMP Negeri 4 sangat antusias mengikuti pelatihan membuat karya ilmiah itu, kemudian menuangkannya dengan membuat perencanaan penelitian.

Menanggapi kegiatan tersebut, kepala Sekolah SMPN 4 Bantimurung, Maros Ansar, SPd. mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan LPM karena dapat membantu memberikan pemahaman dan keterampilan pada guru sekolah dalam membuat karya ilmiah.

“Ini tentunya menjadi bagian dari upaya membantu agar guru kami lebih berkompetensi dan akan berdampak pada meningkatkan kualitas mengajarnya,” katanya.(rls)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.