Kalla Group Perkenalkan Kampus Khusus Smartpreneur ITB Kalla  

  • Whatsapp

Koma.co.id, Makassar– Kalla Group mengenalkan Institut Teknologi dan Bisnis Kalla (ITB Kalla) salah satu perguruan tinggi di Makassar yang dianggap harus siap melahirkan professional yang berdaya saing tinggi dan calon pengusaha yang siap membuka lapangan kerja.

Seperti yang diketahui, tantangan bagi para lulusan Perguruan Tinggi yaitu lapangan kerja yang tersedia lebih sedikit daripada sarjana yang membutuhkan pekerjaan. Data tahun 2019 dari Kemendikbud menunjukkan di Sulsel terdapat 59.567 sarjana. Namun hanya tersedia 11.253 lapangan kerja atau hanya 1946 dari kebutuhan. Artinya terdapat 8146 yang tidak terserap atau menganggur. Data BPS 2020 juga menunjukkan jumlah pengangguran terbuka tingkat Sarjana yang terus bertambah sebanyak 3156 dari 746 ribu pada tahun 2019 menjadi 941 ribu pada tahun 2020.

Untuk itu, Institut Teknologi dan Bisnis Kalla di mana ini merupakan kampus dengan Pengajaran yang bersumber dari pengalaman dan dianggap praktik terbaik oleh Kalla Group yang mengikuti realitas dunia bisnis masa depan.

Rektor ITB Kalla, Syamril mengatakan persaingan dunia kerja sangat ketat, artinya potensi pengangguran besar. Yang menjadi PR adalah membangun daya saing siap kerja.

“Kami ingin membentuk educated entrepreneurs atau pengusaha profesional yang beredukasi,” ujarnya.

Alumnus Kampus ITB Kalla akan memiliki kompetensi sebagai Calon Entrepreneur Masa Depan karena ITB Kalla memiliki kurikulum enterpreuner hasil benchmark sekolah bisnis terbaik, dipadukan experience dan best practice Kalla Group dan perusahaan lainnya. Juga ada sharing dan bimbingan dari praktisi bisnis yang berpengalaman, dan magang dan belajar langsung merintis bisnis (kuliah sambil berwirausaha).

Alumnus ITB Kalla juga siap menjadi Professional di Kalla Group (prioritas utama) dan perusahaan besar lainnya karena ITB Kalla mendesain kurikulum hasil diskusi dengan Dunia Usaha dan Industri. Tenaga pengajar selain akademisi juga praktisi dan professional Kalla Group (Direksi dan Manajer). Lalu pada sesi tertentu didakan Professional Sharing dari berbagai perusahaan di Kalla Group dan non Kalla Group.

Berdiri dan diresmikan sejak 5 Juli 2019, Mengusung Smartpreneur Campus dan Konsep Merdeka Belajar, ITB Kalla menerapkan metode pembelajaran langsung ke lapangan. Setiap bulan Mahasiswa terbiasa untuk observasi dan kunjungan ke salah satu perusahaan Kalla Group untuk mendapatkan wawasan dunia bisnis sesungguhnya, dan juga menghadirkan para Praktisi Bisnis dari berbagai ragam bisnis untuk senantiasa berbagi kepada mahasiswa, sehingga Alumni ITB Kalla tidak hanya berbekal teori saja, tapi juga berbekal praktik bisnis terkini.

Menerapkan empat Program Studi yang sesuai dengan kebutuhan masa depan yaitu Kewirausahaan, Manajemen Retail, Bisnis Digital, dan Sistem Informasi. Setiap Prodi siap melahirkan pengusaha dan professional di bidangnya seperti entrpreuner, konsultan bisnis, perencana bisnis berkelanjutan dan pendidik professional (Prodi Kewirausahaan). Menjadi pengusaha retail, manager SCM, Manager Sales and Marketing, Risk Management Professional (Prodi Manajemen Retail). Lalu sebagai analis dan

Konsultan bisnis digital, data analyst dan pengusaha (Prodi Bisnis Digital). Juga sebagai Business Intelligence, System Analyst dan technopreuner (Prodi Sistem Informasi).

Kesempatan menikmati kuliah di ITB Kalla terbuka untuk semua golongan termasuk dari ekonomi bawah. Setiap tahun disiapkan beasiswa sekitar 1596 dari jumlah mahasiswa baru. Sekarang terdapat mahasiswa beasiswa dari total 60 mahasiswa.

Menariknya, beasiswa dapat diraih khusus para tahfidz dan dhuafa berprestasi. Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi dengan klik link ITB Kalla atau kunjungi Instagram @kallabussineschool.(rls)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *